Workshop Finalisasi Borang Akreditasi Internasional FIBAA

Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta merupakan salah satu Prodi di lingkungan FITK yang ikut serta dalam pengajuan akreditasi internasional Foundation for International Business Administration Accreditation (FIBAA) pada tahun ini. Penyusunan borang akreditasi Prodi MPI digabung dalam satu kluster, yaitu kluster 3 dengan 4 prodi lainnya, yaitu S1 & S2 PIAUD dan S1 & S2 PGMI.

Penyusunan borang akreditasi internasional FIBAA Prodi MPI sudah dimulai sejak bulan Mei 2021 (http://mpi.uin-suka.ac.id/id/berita/detail/3250/mpi-targetkan-akreditasi-internasional-fibaa-untuk-prodinya) yang kemudian direview oleh Ibu Raden Roro Fosa Sarassina, M.BA., Ph.D.(Dosen Sekolah Vokasi UGM Yogyakarta) pada 29 Juli 2021. Setelah direview oleh Ibu Fossa, borang tersebut kemudian digabung dalam satu kluster bersama dengan 4 prodi.

Pada tanggal 13-16 September 2021, Prodi MPI yang diwakili oleh Dr. Zainal Arifin, M.S.I. (Kaprodi MPI) dan Muhammad Iskhak, M.Pd. (tim penyusun FIBAA) mengikuti finalisasi penyusunan borang akreditasi FIBAA di hotel Laras Asri Salatiga. Dalam kegiatan ini, kita melakukan review serta finalisasi untuk melengkapi dokumen-dokumen borang akreditasi yang sudah dijadikan satu kluster serta melengkapi lampiran-lampiran yang diperlukan. Setelah selesai finalisasi, maka dokumen tersebut akan diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris sebelum disubmit ke FIBAA.

Penyusunan borang akreditasi internasional FIBAA tersebut sebagai salah satu upaya internasionalisasi Prodi MPI setelah membuka rintisan kelas internasional sejak semester gasal 2020/2021. Proses internasiolisasi program studi penting dilakukan sebagai wujud komitmen Prodi MPI dalam mendukung visi Rektor UIN Sunan Kalijaga periode 2020-2024, yaitu UIN Sunan Kalijaga untuk bangsa, UIN Sunan Kalijaga mendunia. Selain itu, program-program internasionalisasi sebagai wujud peningkatan mutu layanan pendidikan di tingkat PTKIN. Semoga berkah, aamiin.

Berita Terkait

Berita Terpopuler