FGD Body of Knowledge Manajemen Pendidikan Islam

Senin/14/09/2020

Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menginisiasikegiatanForum Group Discussion(FGD) tentangBody of KnowledgeManajemen Penddikan Islam. Kegiatan ini penting dilakukan untuk mempersamakan persepsi antar Prodi MPI se-Indonesia tentangBody of KnowledgeMPI sebagai salah satu unsur penting dalam melakukan redasain Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka.Untuk mendukung kegiatan ini, MPI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta mengundang tiga ketua asosiasi yang dimiliki oleh MPI, yaitu (1) Dr. Sri Rahmi, MA (Ketua Umum Perkumpulan Program Studi Manajemenn Pendidikan Islam/PPMPI Indonesia), (2) Dr. Irawan, M.Pd (Ketua Umum Perkumpulan Sarjana Manajemen Pendidikan Islam/PERSMAPI Indonesia), dan (3) Dr. Badrudin, M.Ag (Ketua Umum Manajer Pendidikan Islam (PERMA PENDIS) Indonesia. Kegiatan ini dipandu oleh host, Irwanto, M.Pd secara virtual dengan menggunakan media Zoom Meeting Prodi MPI.

Kegiatan ini FGD ini dibuka oleh Dr. Imam Machali, M.Pd (Wakil Dekan III) mewakili Dekan FITK UIN Sunan Kalijaga yang menerangkan pentingnya asosiasi MPI dalam merespon kebijakan Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Sedangkan untuk pematik diskusi, Kaprodi MPI FITK UIN Sunan Kalijaga, Dr. Zainal Arifin, M.S.I menyampaikan bahwa Prodi MPI UIN Yogyakarta telah menyusun Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka untuk merespon kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim. Dalam redesain kurikulum tersebut, perlu adanya kesepakatanBody of KnowledgeMPI untuk mempersamakan persepsi bagi para pengelola MPI se-Indonesia. Pematik kedua disampaikan oleh Dr. Sigit Purnama, M.Pd (Ketua Perkumpulan Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Indonesia) untuk sharing pengalaman pembahasanBody of Knowledgeyang sudah diterapkan oleh asosiasi untukProdi PIAUD se-Indonesia.

Narasumber pertama, Dr. Badrudin, M.Ag (Ketua Perma Pendis) menyampaikan bahwa pembahasan tentangBody of Knowledgetidak bisa dilepaskan dengan beberapa pengetahuan, seperti kebijakan pendidikan, kepemimpinan, pengawasan dan supervisi dan manajemen delapan standar.Narasumber Kedua, Dr. Sri Rahmi, MA (Ketua PPMPI) menyampaikan bahwaBody of KnowledgeMPI meliputi empat aspek, yaitu (1) Educational Management in Islamic Perspective, (2) Institutional Management, (3) Human Resources Management, dan (4) Thoughts on Islamic Educational Management. Empat aspek ini, core-nya adalah al-Qur'an dan Hadis Tarbawy. Narasumber ketiga, Dr. Irawan, M.Pd (Ketua Persmapii) menjelaskan bahwaBody of KnowledgeMPI tidak bisa dilepaskan dariBody of Sciencebahwa MPI itu saintifik, bukan sekedar kajian. Oleh karena itu, penelitian-penelitian MPI harus diperbanyak basisnya pada observasi empiris, bukan sekedar kajian-kajian atau doktrin agama.

Kegiatan ini lanjutkan dengan tanya jawab dan curah pendapatdari para pakar MPI yang juga hadir secara virtual dalam FGD dari beberapa pengelola Prodi MPI baik S1, S2, bahkan S3 MPI. Dari beberapa diskusi disepakati bahwa asosiasi perlu merumuskanBody of KnowledgeMPI untuk mempersamakan persepsi tentang Prodi MPI. DariBody of Knowledgedari dapat dirumuskan beberapa matakuliah yang sudah disepakati (PPMPI tahun 2018 tentang menyepakati beberapa matakuliah Prodi MPI ketika rapat di Prodi MPI UIN Malang). Nanti, dari kurikulum yang dirumuskan antar Prodi MPI, pembedanya terletak pada matakuliah penciri Universitas dan penciri Prodi yang disesuaikan dengan konteks dan budaya lokal masing-masing.

Kegiatan FGD ini sebagai bentuk kerjasama Prodi MPI dalam merumuskan kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dengan melibatkan tiga asosiasi MPI serta para pakar dan pengelola MPI Se-Indonesia. Kegiatan ini lanjutan dari proses perbaikan terus menerus kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka yang sudah disusun oleh tim Prodi MPI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Semoga kegiatan ini bermanfaat, aamin