MPI FITK UIN SUKA Ikuti Workshop Review Kurikulum Dan Penyusunan RPS Berbasis OBE Mengacu PERMENDIKBUDRISTEK No.53/2023 dan KPT 2024

Yogyakarta – Pada hari Kamis, 31 Juli 2025, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) menyelenggarakan kegiatan Workshop Review Kurikulum dan Penyusunan RPS Berbasis Outcome-Based Education (OBE). Kegiatan ini bertempat di ruang sidang utama FITK dan diikuti oleh seluruh Ketua Program Studi di lingkungan fakultas, termasuk Kaprodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI). Workshop ini merupakan bagian dari langkah strategis fakultas dalam menyesuaikan arah kebijakan pendidikan tinggi nasional yang mengacu pada Permendikbudristek No. 53 Tahun 2023 serta Kebijakan Pembelajaran Tinggi (KPT) tahun 2024 tahap kedua.

Workshop ini diselenggarakan sebagai respon atas tuntutan perubahan sistem pembelajaran dan penjaminan mutu perguruan tinggi yang kini mengarah pada pendekatan pembelajaran berbasis capaian lulusan (Outcome-Based Education). Pendekatan ini menekankan bahwa seluruh aktivitas akademik, mulai dari penyusunan kurikulum hingga perancangan pembelajaran dan asesmen, harus berfokus pada pengembangan kompetensi nyata yang akan dimiliki lulusan setelah menyelesaikan studi.

Selama kegiatan berlangsung, para peserta workshop didorong untuk melakukan peninjauan menyeluruh terhadap kurikulum masing-masing program studi. Peninjauan ini mencakup penyesuaian struktur kurikulum, penyusunan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL), hingga perancangan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) yang terstruktur sesuai dengan prinsip constructive alignment, yaitu keterpaduan antara tujuan pembelajaran, metode pembelajaran, dan sistem asesmen. Dalam sesi penyusunan RPS, peserta juga diarahkan untuk merancang aktivitas pembelajaran yang aktif, kolaboratif, dan berorientasi pada pengembangan keterampilan mahasiswa secara menyeluruh.

Kehadiran Kaprodi MPI dalam kegiatan ini merupakan bentuk komitmen Program Studi MPI dalam meningkatkan kualitas pembelajaran yang responsif terhadap dinamika dunia pendidikan dan kebutuhan pasar kerja. Melalui workshop ini, Program Studi MPI memperoleh penguatan dalam proses transformasi kurikulum, khususnya dalam hal penyesuaian isi, metode, dan strategi pembelajaran agar lebih kontekstual dan relevan dengan tantangan zaman.

Lebih jauh, workshop ini juga memberikan pedoman teknis dan administratif bagi setiap program studi dalam proses implementasi regulasi baru, termasuk penyelarasan antara profil lulusan, CPL, CPMK, dan materi ajar. Dengan sistem yang lebih terukur dan terintegrasi ini, program studi diharapkan dapat memastikan lulusan memiliki kompetensi unggul, baik secara akademik, profesional, maupun moral.

Sebagai bagian dari hasil workshop, setiap program studi diminta untuk segera menyelesaikan revisi kurikulum dan RPS sesuai dengan format OBE, serta menyiapkan rencana tindak lanjut berupa validasi internal dan penguatan monitoring pembelajaran. Proses ini menjadi langkah awal yang penting dalam memastikan keberlangsungan mutu pembelajaran di lingkungan FITK, termasuk di dalamnya Prodi MPI.

Melalui partisipasi aktif dalam workshop ini, Prodi MPI menunjukkan keseriusan dalam menjawab tuntutan perubahan sistem pendidikan tinggi nasional dan memperkuat posisinya sebagai program studi yang adaptif, progresif, dan siap melahirkan lulusan yang berdaya saing.