Menjadi Manager dan Entrepeneur Pendidikan

Profil utama lulusan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) adalah menjadi seorang manager lembaga endidikan. Di era pandemi Covid-19 ini, semua lini kehidupan dituntut untuk kreatif dalam mengembangkan diri agar tetap eksis di masa krisis. Atas dasar inilah, Prodi MPI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menyelenggarakan “Kuliah Umum Semester Gasal 2021/2022” dengan tema “Menjadi Manager dan Entrepreneur Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19” yang diselenggarakan secara virtual melalui Zoom Cloud Meeting.

Kuliah umum dalam bentuk webinar nasional ini menghadirkan tiga narasumber yaitu (1) Nora Saiva Jannana, M.Pd [Sekretaris Prodi MPI], (2) Muhammad Irzal, S.Th.I, M.Pd., M.Pd.I [Direktur PT. USM Berkah Indonesia, Ketua Ekonomi Keumatan PP KOMAS, dan Ketua Dewan Pesantren Muhammadiyah Pekajangan] dan (3) Zhakiah Joban, SE [Ketua ALISA ICMI Jawa Tengah, Wakil Ketua Kadin Semarang, UMKM Jawa Tengah, Ketua Kewirausahaan & Ekonomi Kreatif, dan aktivitas lainnya]. Acara ini dipandu oleh host, Thifal Khansa Nabila [HMPS MPI] dan moderator, Afiq Fikri Almas, M.Pd. [alumni Prodi MPI sekaligus Direktur leadership academy dan founder Brainducation].

Dalam sambutannya, Dr. Zainal Arifin, M.S.I [Kaprodi MPI] menyampaikan bahwa kegiatan “Kuliah Umum Semester Gasal 2021/2022” ini diselenggarakan dalam rangka untuk memperkuat profil mahasiswa MPI sebagai seorang manager pendidikan sekaligus memiliki kompetensi entrepeneurship. Atas dasar ini, Prodi MPI mengundang para praktisi sekaligus seorang entrepeneurship agar dapat membekali para mahasiswa tentang prinsip-prinsip manajerial dan creativepreneur di masa pandemi Covid-19.

Hasil Kalijaga Tracer Study (KTS) dilakukan oleh CENDI (Center for Entrepreneurship and Career Development) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta pada tahun 2020 dijelaskan bahwa jumlah mahasiswa MPI yang bekerja dan berwirausaha sebanyak 21% dan 47,50% bekerja di bidang pendidikan. Maka, atas dasar ini, kuliah umum ini sangat penting bagi para mahasiswa untuk memberikan bekal sebagai seorang manajer pendidikan sekaligus entrepreneur, tegas Nora Saiva Jannana, M.Pd.

Muhammad Irzal, S.Th.I, M.Pd., M.Pd.I menyampaikan bahwa untuk menjadi seorang manager Pendidikan harus dapat menerapkan fungsi-fungsi manajemen seperti leading, planning, actuating, and controlling. Seorang manajer dan entrepreneur di masa pandemic ini dituntut untuk memiliki sikap solutif, kooperatif, penggerak, peka, kreatif, inovatif, dan evaluatif. Di akhir presentasinya, kang Irzal menyampaikan “quote” untuk menginspirasi para mahasiswa, “Berilah yang terbaik yang Anda miliki, karena disitulah kamu akan mendapatkan dari Tuhan yang terbaik untuk dirimu”.

Tak kalah menginspirasi dari kang Irzal, Ibu Zhakiah Joban, SE, seorang ibu rumah tangga dengan seabrek aktivitas dan bisnisnya juga memberikan “quote”, “Berusahalah 2 atau 3 kali lipat lebih banyak dari orang lain kebanyakan. Sebab hal yang paling pasti adalah usaha tidak pernah mengkhianati hasil.” Baginya, setiap orang harus bisa bersikap sebagai entrepreneur, karena entrepreneur tidak harus berkaitan dengan jual beli tapi juga layanan yang baik. Misalnya, seorang dosen yang bersikap entrepreneur maka dia akan mengajar mahasiswa dengan baik agar mahasiswa sebagai konsumen pendidikan merasa puas. Para mahasiswa sebagai generasi muda memiliki Sembilan (9) peran dalam membantu dunia usaha menuju era golden age, yaitu: agent of change (change maker), guardian of value, iron stock, moral force, social control, innovator & creator, problem solver, influencer, and connector.

Kegiatan “Kuliah Umum Semester Gasal 2021/2022” diikuti lebih dari 200 peserta baik dari dosen dan mahasiswa internal Prodi MPI maupun dosen dan mahasiswa dari kampus lain se-Indonesia, misalnya dari Prodi MPI yang bergabung dengan Perkumpulan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (PPMPI) Indonesia. Semoga kegiatan ini bermanfaat, khususnya untuk memperkuat profil utama lulusan MPI sebagai calon tenaga kependidikan (manager) yang kreatif, inovatif, produktif dan berjiwa entrepeneurship, aamiin.

Link materi:https://drive.google.com/drive/folders/1-AU9lhnmfdR-l0cgCu-GPA_OHm6KY9gN?usp=sharing

Berita Terpopuler