Webinar Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan di Pondok Pesantren

Seiring berjalannya waktu, pondok pesantren hari ini sedang mengalami kepercayaan diri yang sangat tinggi. Hal tersebut terlihat dari semakin bertambahnya kepercayaan masyarakat menitipkan anak-anaknya kepada pesantren. Hal ini setidaknya bisa dilihat dari peningkatan jumlah pondok pesantren di Indonesia. Data Kementerian Agama tahun 2015 misalnya, menunjukkan jumlah pesantren yang tercatat di Kementerian Agama sebanyak 25.785. Jumlah ini jauh meningkat dibanding data 1997, yang tercatat baru sebanyak 4.196 buah.

Pada tanggal 12 Mei 2023 telah berlangsung kegiatan Webinar Marketing Jasa Pendidikan di Pondok Pesantren yang diselenggarakan oleh Mahasiswa/i Manajemen Pendidikan Islam 2020. Kegiatan ini dilaksanakan guna menambah wawasan serta memenuhi tugas mata kuliah manajemen pemasaran jasa pendidikan. Kegiatan ini dirancang secara online melalui zoom meeting yang dimulai pada pukul 13.00-15.30 WIB. Adapun acara webinar ini terbuka untuk mahasiswa maupun umum. Kegiatan ini dilaksanakan guna melatih mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam agar mampu merancang sebuah acara yang bermanfaaat di masa mendatang.

Kegiatan ini dimulai dengan persiapan pada pukul 12.30 WIB dan dibuka pada pukul 13.00 WIB oleh Ibu Nidaul Fajri, S.Pd selaku MC. Lalu dilanjutkan dengan kalam ilahi yang dibacakan oleh saudari Rina Khoirunnisa. Program ini adalah kerjasama dengan MPI STAIT YK, maka dengan ini sambutan dibawakan oleh Kepala Program Studi Manajemen Pendidikan Islam yaitu Ibu Diningrum Citraningsih, M.S.I. Kegiatan ini di moderatori oleh saudari Khoirunnisa dengan tiga pemateri yaitu saudari Via Rahmahsari Manah, Syaras Luthfiasari, dan Riziq Syehab. Diakhir kegiatan ditutup oleh doa yang di sampaikan oleh saudara Chaerul Annam. Kegiatan ini dipimpin oleh saudari Wiwin Anggita Pratiwi selaku ketua webinar Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan Di Pondok Pesantren.

Kegiatan ini mengangkat tema “Praktik Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan Di Pesantren”. Yang mana narasumber pada kegiatan ini memiliki riwayat pendidikan non formal di Pondok Pesantren. Selain itu, terdapat amanah untuk menyampaikan praktik manajemen pemasaran jasa pendidikan di pondok pesantren.
Setidaknya terdapat susunan penyampaian materi yang sangat komplek dari narasumber-narasumber yang hadir pada kegiatan kali ini. Seperti narasumber 1 yang menyampaikan materi bagaimana manajemen pemasaran pendidikan secara umum, narasumber 2 yang menyampaikan materi terkait pondok pesantren, lalu dilanjutkan oleh narasumber 3 yang menyampaikan materi terkait studi kasus di pondok pesantren.

Semoga kegiatan webinar ini mendapatkan kesan yang positif dan memberikan kebermanfaatan bagi yang hadir dan juga memiliki dampak yang membawa perubahan bagi yang terlibat didalamnya.