Marketing Jasa Pendidikan di Perguruan Tinggi

Pada tanggal 06 Mei 2023 telah berlangsung kegiatan Webinar Marketing Jasa Pendidikan Perguruan Tinggi yang diselenggarakan oleh Mahasiswa/i Manajemen Pendidikan Islam 2020. Kegiatan ini dilaksanakan guna menambah wawasan serta memenuhi Tugas Mata Kuliah Manajemen Pemasaran. Kegiatan ini dirancang secaraonline melalui zoom meeting yang dimulai dari pukul 09.00 - 12.00. Adapun acara webinar ini terbuka untuk mahasiswa maupun masyarakat umum.

Webinar ini mengangkat tema“Marketing Jasa Pendidikan Perguruan Tinggi”. Tema ini diangkat berdasarkan bahwa marketing dalam dunia pendidikan sangat diperlukan salah satunya di perguruan tinggi, marketing sendiri memiliki tujuan untuk memberi informasi kepada masyarakat tentang produk-produk lembaga pendidikan, meningkatkan minat dan ketertarikan masyarakat pada produk lembaga pendidikan, membedakan produk lembaga pendidikan dengan lembaga pendidikan yang lain, memberikan penilaian lebih pada masyarakat dengan produk yang ditawarkan, dan menstabilkan eksisensi dan kebermaknaan lembaga pendidikan di masyarakat.

Adapun kegiatan ini diawali dengan pembukaan yang dilakukan oleh MC, Kalam Illahi, pemutaran lagu Indonesia Raya, pemutaran lagu Hymne UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, dan Mars MPI, sambutan oleh Kaprodi bapak Dr Zainal Arifin S. Pd., M. S. I. Setelah itu acara dilanjutkan dengan pemaparan materi dari narasumber pertama Bagas Ardyo Pradana selaku mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam C, kemudian narasumber kedua Agus Ali Masyhuri mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam A, dan narasumber ketiga Achmad Agus Miftach.

Poin penting yang disampaikanke 3 narasumber kita, Pemasaran pendidikan adalah serangkaian strategi yang digunakan oleh institusi pendidikan untuk menarik perhatian dan minat calon siswa, orang tua, dan masyarakat pada program dan layanan yangditawarkan.

Bukan hanya perusahaan yang harus melakukan branding, pada era sekarang branding juga harus diterapkan oleh instansi pendidikan untuk menarik stakeholder, serta meningkatkan minat generasi muda untuk melanjutkan pendidikan mereka agar tidak putus sampai tingkat SMP atau SMA. Teryata di indonesia tingkat minat anak didik untuk melanjutkan ke study atas atau melanjutkan kuliah masih minim, oleh karena itu sangat dibutuhkan branding perguruan tinggi, disamping mencari mahasiswa baru seharusnya kita bisa memangkas jumlah anak didik yang kurang berminat untuk melanjutkan pendidikanya dengan adanya branding ini.

Salah satu tantangan dalam manajemen pemasaran pendidikan adalah imogologi, dan solusinya adalah memperbaiki kualitas manajemen pemasaran dan lain sebagainya. Sehingga orang yang sudah terlanjur masuk dan mendaftarkan diri ke lembaga pendidikan islam yang telah dipilih akan merasa puas dengan pilihannya.

Setelah pemaparan materi oleh ketiga narasumber dilanjutkan dengan sesi diskusi yang dipandu moderator Aning Puspita Ningrum. Dan pada akhir kegiatan ditutup dengan sesi dokumentasi. Semoga dengan adanya webinar ini dapat bermanfaat bagi kita semua terutama dalam memahami praktik marekting di dunia perguruan tinggi.

Penulis : Rona Rosyadah