Senin, 1 Agustus 2016 12:01:39 WIB Dilihat : 680 kali

Jum'at-Ahad, 29-31 Juli 2016 Prodi MPI UIN Alaudin Makasar mengadakan Temu Nasional ke-4 Jurusan KI/MPI dan Semiloka yang bekerjasama dengan Forum Komunikasi Jurusan MPI [FKJMPI] Indonesia. Acara ini diselenggarakan di Training Center UIN Alaudin Makasar dengan mengambil tema: “Mengembangkan Kurikulum MPI berbasis SNPT ber-KKNI untuk Menghasilkan Lulusan yang Berdaya Saing Tinggi”. Acara ini diikuti oleh Kaprodi/ Sekprodi MPI (S1) seluruh Indonesia, bahkan sebagain ada Kaprodi Pascasarjana MPI (S2).

Adapun manual acara Temu Nasional ke-4 Jurusan KI/MPI dan Semiloka di UIN Alaudin Makasar sebagai berikut:

Hari Jum'at, 29 Juli 2016:

  1. 19.30 – 23.00 WITA acara pembukaan yang meliputi: pembacaan ayat suci al-Qur’an, Laporan dari ketua panitia [Dr. H. Muh Yahya, M.Ag], sambutan dari Sekretaris FKJMPI [Dr. H. Mulyono MA], Dekan FTK UIN Alaudin Makasar, Rektor Alaudin Makasar [Prof. Dr. Musafir, M.Si].
  2. Acara dilanjutkan dengan perkenalan peserta dan diskusi masalah MPI se-Indonesia

Hari Sabtu, 30 Juli 2016:

  1. 08.00 – 12.30 WITA Seminar Nasional sessi I tentang “Kupas Tuntas Kurikulum KKNI” dengan Narasumber [Dr. Sylvi Dewajani, MA] dari Psikologi UGM Yogyakarta dan tentang “Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI)” dengan narasumber [Dr. Hamidah, M.Si] dari Psikologi UNAIR Surabaya. Kedua narasumber menjelaskan pentingnya kurikulum Perguruan Tinggi yang mengacu KKNI dan SNPT dan SKPI bagi para alumni MPI.
  2. 12.30 – 13.00 WITA: break
  3. 13.00 – 15.00 WITA Seminar Nasional sessi II tentang “Kebijakan Peningkatan Mutu Lembaga Pendidikan Islam dan output MPI Sebagai Tenaga Kependidikan dengan Narasumber [Dr. Imam Syafi’i MA Kasubdit Ketenagaan Diktis Kementerian Agama RI] menjelaskan tentang kebijakan Kementerian Agama, khususnya Dirjen Pendis Kementerian Agama terkait alumni MPI masa depan.
  4. 15.00 – 15.30 WITA: break
  5. 15.30 – 18.00 WITA: Sidang Pleno komisi-komisi. Peserta dibagi menjadi 6 komisi, yaitu: (1) Komisi I: Pembahasan AD/ART FKJMPI dan Kerjasama yang dikoordinatori: [Dr. Hasyim Asy’ari, M.Pd dari MP Jakarta] (2) Komosi II: Program Kerja, kepengurusan, kesekretariatan, keanggotaan dan pendanaan FKJMPI yang dikoordinatori [Dr. H. Mulyono, MA dari MPI Malang], (3) Komisi III: Penyempurnaan dan Penyusunan Kurikulum Jurusan MPI mengacu KKNI dan SNPT yang dikoordinatori [Dr. Badrudin, M.Ag dari MPI Bandung], (4) Komisi IV: Penyusunan buku Pedoman PPL Prodi MPI yang dikoordinatori oleh [Dr. Subiyantoro, M.Ag dari MPI Jogja], (5) Komisi V: Penulisan Jurnal Terakreditasi Prodi MPI yang dikoordinatori oleh [Zainal Arifin, M.S.I. dari MPI Jogja], dan (6) Komisi VI: Penulisan dan Penerbitan Buku Ajar yang dikoordinatori oleh [Dr. M. Hizbul Muflihin, M.Ag dari MPI IAIN Purwokerto].
  6. 18.00 – 19.00 : Break ISHOMA
  7. 19.00 – 21.00 : Pembahasan tentang Konsorsium Manajemen Pendidikan Islam dan penutupan acara Semiloka Prodi MPI.

Hari Ahad, 31 Juli 2016: Selesai

Diharapkan dari acara Temu Nasional ke-4 Jurusan KI/MPI dan Semiloka dapat menjadi momen sharing bagi prodi MPI-MPI seluruh Indonesia dan mendorong Kementerian Agama, khususnya Dirjen Pendis agar senantiasa memperhatikan kebijakan keprofesian alumni Prodi MPI di Indonesia. (ZA)

Berita Terkait

Berita Terpopuler

Arsip Pengumuman
Arsip Berita
Arsip Agenda
Arsip Kolom