Senin, 30 Mei 2016 16:12:31 WIB Dilihat : 570 kali

Senin, 30 Mei 2016 Prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta mengadakan Public Lecture dengan tema: Achieving Islam: Women, Piety, Moral Education in Indonesian Muslim Boarding Schools”. Narasumber dalam acara ini adalah Claire Marie Hefner, Ph.D dari Emory University Amerika dan Dr. Imam Machali, M.Pd., dosen MPI FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta sekaligus ketua Pusat Pengembangan Madrasah (PPM) Kanwil Kemenag Yogyakarta. Acara ini dimoderatori oleh Siti Nur Hidayah, M.Sc. (Dosen MPI FITK Sunan Kalijaga Yogyakarta). Acara diselenggarakan oleh Prodi MPI FITK Sunan Kalijaga Yogyakarta dan berkerjasama dengan HMJ Prodi MPI dan dilaksanakan di Ruang Pertemuan Lt.1 Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga. Acara ini dihadiri oleh beberapa dosen, mahasiswa MPI dan mahasiswa dari beberapa fakultas UIN Sunan Kalijaga.

Public Lecture dimulai pukul 09.00 WIB diisi dengan presentasi hasil penelitian Disertasi Claire Marie Hefner, Ph.D mengenai Model-model Prestasi: Harapan Masa Depan Perempuan di Dua Pesantren di Yogyakarta, yaitu di Pondok Pesantren Krapyak Ali Maksum (NU) dan Madrasah Mu’allimaat (Muhammadiyah) di Yogyakarta. Pesantren Krapyak Ali Maksum dan Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah di Yogyakarta adalah sekolah Islam yang unik dan berprestasi. Pesantren Krapyak Ali Maksum dikenal sebagai kompleks pesantren yang berafiliasi secara tak formal dengan jaringan traditionalis Nahdlatul Ulama. Pesantren ini terkenal sebagai institusi yang kuat dalam program hafalan Al-Qur’an beserta studi fikih (fiqh) melewati kitab kuning. Secara historis, pesantren ini juga terkenal sebagai pondok pesantren yang merintis dalam proses perubahan menuju integrasi kurrikulum umum dan, setelah awal zaman kemerdekaan, nasional dalam program pelajaran di pesantren. Madrasah Mu’allimaat dikenal sebagai sekolah kader, dalam arti bahwa sekolah ini ditugaskan menbentuk pemimpin perempuan untuk masa depan gerakan pembaharuan Islam ini, yaitu Muhammadiyah. Kurikulum di madrasah ini meliputi pendidikan nasional dan agama (Islam) sekaligus menekankan pelatihan kepemimpinan dan dakwah yang memanggil Muslim ke Islam yang moderen, nasional, dan reformis

Narasumber kedua, Dr. Imam Machali, MP.d menyampaikan strategi pengembangan madrasah dan peningkatan mutu kualitas madrasah di Indonesia guna menyiapakan Madrasah berdaya saing global dengan nilai-nilai moral yang berkemajuan zaman. Pengembangan madrasah dimulai dengan motto barunya, “Lebih Baik Madrasah, Madrasah Lebih Baik”. Papar Dr. Imam Machali. “Kegiatan ini sangat luar biasa dalam memberikan perspektif Antropologi model pendidikan Islam sehingga dapat menambah wawasan budaya dan kebangsaan dalam menanamkan karakter bangsa dan nilai religius” ujar Poniman BEM-HMJ MPI. Semoga MPI selalu kreatif, inovatif, dan produktif dalam memberikan inspirasi. Amin (Poniman)

Berita Terkait

Berita Terpopuler

Arsip Pengumuman
Arsip Berita
Arsip Agenda
Arsip Kolom