Senin, 23 Mei 2016 09:19:19 WIB Dilihat : 532 kali

Jum’at, 20 Mei 2016,mahasiswa MPI Semester II mengadakan Kuliah Lapangan Mata Kuliah “Perilaku dan Budaya Organisasi” yang diampu Zainal Arifin, M.S.I. di SMP Muhammadiyah I Depok Sleman Yogyakarta. Narasumber dalam kuliah lapangan ini adalah Abdullah Mukti, S.Pd.I (Kepala SMP Muh.1 Depok) dengan tema ”From Zero to Great Quality”.

Dalam acara ini disampaikan sejarah perkembangan SMP Muh.1, khususnya sejak sekolah tersebut mulai berkembang dari tahun 2009 yang hanya memiliki 8 siswa sampai tahun 2016 yang memiliki siswa sekitar 384 siswa.Target tahun 2016 memiliki 160 siswa per angkatan. Selain ini disampaikan perkembangan pembangunan sarana dan prasarana sekolah.

Strategi pengembangan sekolah Muhammadiyah (1) Mengundang para tokoh Muhammadiyah: Prof. Dr. Amin Rais, Prof. Malik Fadjar, Dr. Haedar Nashir, dll, (2) Pengajian Akbar setiap tahun, dan lain sebagainya. Adapun Kunci Perubahan dalam pengembangan SMP Muh.1 Depok: (1) Totally, Hard Worker, Team Work, Commit, (2) Networking and MBS, (3) Human Development (SDM), (4) Innovative and Creative, (5) Focus on Keislaman dan Kemuhammadiyahan, (6) Services Excellent, and (7) Communicative and Responsive.

Saat ini, SMP Muh.1 Depok dipercaya oleh Kemendikbu RI sebagai “Sekolah Parenting” atau sekolah yang memberikan pelayanan kepengasuhan “Parenting” bagi anak sekolah untuk mewujudkan Sekolah yang Mencerahkan dan Menyenangkan, sebagaimana mottonya “Enlightment Inspiring and Having Fun School”, papar Abdullah Mukti, S.Pd.I.

Setelah selesai presentasi dari narasumber, moderator membuka sesi pertanyaan bagi mahasiswa MPI. Ada empat mahasiswa MPI yang melontarkan pertanyaan sekitar bagaimana pendapat narasumber terkait kebijakan pendidikan di Indonesia, bagaimana system pendidikan Islam di SMP Muh.1 dan manajemen keuangannya, bagaimana trik/tips merekrut siswa sehingga SMP Muh.1 dalam waktu 5-6 tahun bisa melakukan lompatan jumlah siswa dari 8 siswa menjadi 384 siswa, dan bagaimana cara memanag dan memotivasi SDM yang siap diajak dalam pengembangan lembaga pendidikan Islam. Setelah narasumber menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, acara diskusi dalam kuliah lapangan ditutup dengan pemberian kenang-kenangan dari dosen pembimbing kepada bapak Abdullah Mukti, S.Pd.I dan ditutup dengan foto bersama.

Semoga kegiatan kuliah lapangan Mata Kuliah Perilaku dan Budaya Organisasi di SMP Muh.1 Depok Sleman Yogyakarta ini dapat menginspirasi mahasiswa MPI menjadi calon-calon pemimpin dan manager pendidikan yang hebat, amin. (ZA)

Berita Terkait

Berita Terpopuler

Arsip Pengumuman
Arsip Berita
Arsip Agenda
Arsip Kolom