Rabu, 11 Mei 2016 10:13:03 WIB Dilihat : 1049 kali

Selasa, 10 Mei 2016 Prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menerima kunjungan Studi Banding dari Prodi MPI UIN Sunan Gunung Djati (SGD) Bandung. Hadir dalam kunjungan ini Dr. Badrudin, M.Ag (Kaprodi MPI UIN SGD Bandung), Dr. Pepen, M.Ag bersama dosen dan beberapa mahasiswa Prodi MPI Semester II yang sedang mengikuti kuliah lapangan. Kunjungan Studi Banding ini disambut oleh Dr. Subiyantoro, M.Ag (Kaprodi MPI UIN SUKA), Zainal Arifin, M.S.I. (Sekprodi MPI), Siti Nur Hidayah, M.Sc, Miftahussa’adah, M.Ed (Cados MPI), dan Indra Fajar Nurdin, M.Ag (dosen PAI) beserta beberapa mahasiswa HMJ Prodi MPI UIN SUKA.

Dalam sambutannya, Dr. Subiyantoro, M.Ag menyampaikan pentingkan kerjasama antar Prodi untuk meningkatkan profesionalisme dalam pengembangan prodi dan sharing pengalaman dalam pembinaan mahasiswa MPI. Ruang lingkup kerjasama meliputi pengembangan SDM misalnya: pertukaran mahasiswa (Student Exchange), pertukaran dosen (lecturer exchange), kolaborasi dalam penelitian dan penulisan karya tulis ilmiah, tegas Dr. Badrudin, M.Ag dalam sambutannya. Setelah acara sambutan dilakukan penandatangan Naskah Kerjasama (MoU) antar Prodi MPI UIN SUKA dan Prodi MPI SGD Bandung.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan sharing pengalaman dalam pembinaan mahasiswa MPI, yang disampaikan oleh Zainal Arifin, M.S.I. dan Dr. Badrudin, M.Ag dengan dimoderatori oleh Poniman (Mahasiswa MPI). Pembinaan mahasiswa Prodi MPI di UIN SUKA meliputi (1) pembinaan yang didanai oleh BOPTN dan BLU secara formal dikoordinatori oleh Prodi MPI, misalnya: Kuliah Umum, Seminar Nasional, Pelatihan (training for trainer “LVE”), entrepreneurship, dan lain sebagainya, (2) pembinaan secara non formal melalui kegiatan ekstra dalam bentuk komunitas-komunitas, misalnya Prodi MPI telah mencoba menfasilitasi mahasiswa membentuk komunitas entrepreneur atau MPI Preneurs Club (MPC), komunitas penulis, komunitas pengembangan bahasa, dan komunitas trainer. Selain itu, mahasiswa MPI melalui HMJ dan mahasiswa per angkatan telah memiliki beberapa program pembinaan mahasiswa dan pengabdian masyarakat, misalnya pelatihan kepemimpinan, bakti sosial di panti asuhan, pembinaan anak-anak MA di Gunung Kidul, dan lain sebagainya, tegas Zainal Arifin, M.S.I dalam presentasinya.

Dr. Badrudin, M.Ag juga menyampaikan bagaimana prodi MPI UIN SGD Bandung melakukan pembinaan mahasiswa MPI, baik melalui kegiatan formal yang dikoordinasikan oleh Prodi MPI maupun kegiatan ekstra. Kegiatan lapangan dalam bentuk Studi Banding di beberapa lembaga pendidikan Islam, termasuk MPI UIN Sunan Kalijaga juga merupakan bagian pembinaan kompetensi mahasiswa dengan melihat secara langsung praktik pendidikan Islam. Acara ini dilanjutkan tanya jawab kemudian ditutup dengan tukar cinderamata antara Prodi MPI UIN SUKA dan Prodi MPI UIN SGD Bandung. Semoga acara ini bermanfaat bagi pengembangan Prodi MPI dan menjadikan MPI semakin kreatif, inovatif, dan produktif. Amin... (ZA)

Berita Terkait

Berita Terpopuler

Arsip Pengumuman
Arsip Berita
Arsip Agenda
Arsip Kolom