Jumat, 1 April 2016 15:44:55 WIB Dilihat : 768 kali

Jum'at, 01 April 2016 jam 08.00 - 11.30 WIB di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) diadakan Seminar dengan tema "Menyongsong Peluang Ketenagakerjaan dalam Menghadapi Persaingan kerja di Era Globalisasi". Narasumber seminar untuk sesi 1 adalah (1) Zainal Arifin, M.S.I. (sekprodi MPI FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta), (2) H. Wahid Arbani, S.Ag., M.S.I (Kasubag Organisasi Tata Laksana dan Kepegawaian) Kemenag Wilayah Jawa Tengah, (3) Drs. Harry Susan Pujiraharjo, MA. M.AP (Kepala Sub bidang Perencanaan dan Pengadaan Pegawai BKD DIY). Adapaun sesi kedua diisi dari alumni (1) Drs. teguh Priyana alumni Prodi MP FIP UNY dan (2) M. Nurul Ikhsan Saleh, S.Pd.I. alumni jurusan Kependidikan Islam (KI) FITK UIN Sunan Kalijaga. Seminar ini dihadiri oleh beberapa dosen dan mahasiswa prodi AP/MP maupun MPI wilayah Jogja-Jateng seperti MP UNY, MPI UIN walisongo, MPI Purwokerto, MPI Madina Sragen, MPI IAINU Kebumen, dan MPI IAIIG Cilacap.

Acara ini dibuka dengan sambutan oleh Kaprodi MP FIP UNY Dr. Wiwik Wijayanti, M.Pd. dengan menyampaikan ucapan terimakasih atas kehadiran para peserta MUSDA dari IMMAPSI Regional III Jogja-Jateng, kemudian dilanjutkan sambutan dari Kaprodi MPI, Dr. Subiyantoro, M.Ag. yang memaparkan pentingnya Prodi AP/MP/MPI untuk saling kolaborasi dalam kerjasama dibawah IMMAPSI, dan sambutan terakhir dari Wakil Dekan II FIP UNY, Dr. Cepi yang memaparkan pentingnya mahasiswa menghadapi MEA. Mahasiswa harus membekali diri dengan kemampuan berbahasa asing dan kompetensi agar dapat bersaing dengan negara Asean lain.

Dalam seminar ini sampaikan mengenai profil prodi MPI di wilayah Kementerian Agama. Sebagai prodi baru yang lahir pada tahun 2012, MPI perlu membranding diri agar lebih dikenal oleh masyarakat maupun pejabat kementerian agama, papar Zainal Arifin. Dalam presentasinya, H. Wahid Arbani menjelaskan pentingnya seluruh prodi mengembangkan manajemen organisasi berbasis ICT dan kesiapan mahasiswa menghadapi persaingan jika ingin menjadi CPNS di wilayah Kementerian Agama. senada dengan bapak Wahid, bapak Harry Susan dari BKD Yogyakarta menekankan pentingnya mahasiswa menyiapkan diri dengan soft skill yang memadai dalam menghadapi dunia kerja. Menurut beliau, mahasiswa sekarang cenderung tidak siap kerja dan memiliki etika yang kurang baik, lemah bekerja tim dan tidak bisa berkomunikasi dengan baik.

Seminar ini dilanjutkan paparan dari alumni MP UNY bapak Drs teguh Priyana yang menjelaskan kinerja di Kepegawaian Dinas Pendidikan Yogyakarta dan bagaimana menjadi Pegawai PNS (ASN) yang baik. Kemudian dilanjutkan paparan dari alumni KI, M. Nurul Ikhsan Saleh S.Pd.I. Sebagai pegiat Indonesia Mengajar, Nurul Ikhsan telah berhasil menjadi inspirator bagi anak-anak pelosok ketika mengikuti Indonesia Mengajar. bahkan sekarang lolos beasiswa LPDP menteri keuangan untuk melanjutkan kuliah S2 di luar negeri.

Semoga kegiatan seminar yang diadakan oleh IMMAPSI yang kemudian dilanjutkan dengan MUSDA antar mahasiswa AP/MP/MPI wilayah regional III Jogja-Jateng memberikan dampak bagi pengembangan Prodi AP/MP dan khususnya prodi MPI di wilayah PTKIN dan PTKIS.

Berita Terkait

Berita Terpopuler

Arsip Pengumuman
Arsip Berita
Arsip Agenda
Arsip Kolom