Rabu, 13 Januari 2016 08:59:16 WIB Dilihat : 963 kali

YOGYAKARTA- Pada 12 Januari 2016, Prodi MPI STAI Al Ma’arif Way Kanan Lampung melakukan Studi Kunjungan ke Program Studi (Prodi) Manajemen Pendidikan Islam (MPI) FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Acara yang dilaksanakan pada hari Selasa, 12 Januari 2016 pukul 13.00 WIB diawali dengan sambutan kunjungan STAI Al Ma’arif Way Kanan bertempat di Ruang Pertemuan Lt.1 Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN SUKA. Selain itu, acara ini juga dimeriahkan oleh kreatifitas mahasiswa-mahasiswi MPI UIN SUKA seperti penampilan tari kipas, puisi, dan band akustik hasil inovasi HMJ MPI UIN SUKA.

Dalam sambutannya Dr.Subiyantoro,M.Ag menuturkan tentang harapan Prodi MPI secara nasional bisa saling bekerjasama demi mengadapi persaingan global MEA 2016 khususnya dalam program kebijakan Prodi MPI menyiapkan sarjana MPI yang handal, kompeten, dan siap bersaing di era MEA. Selaku Kaprodi MPI FITK UIN SUKA beliau juga mengucapkan terimakasih atas kunjungan STAI Al Ma’arif Way Kanan berharap jika pasca acara seminar bisa saling sharing program kerja penunjang proses perkuliahan. Dan demi mencetak alumni yang berkualitas serta peningkatan mutu pendidikan, kerjasama memang perlu baik dalam hal akademik dan event mahasiswa seperti pertukaran jurnal pendidikan dan student of exchange.

Sesuai Tri Dharma perguruan tinggi, sebagai civitas akademik memang dituntut untuk mengabdikan keilmuannya pada masyarakat. Salah satu bentuk pengabdiannya adalah dengan menyiapkan para sarjana yang berjiwa sosial, spiritual, dan keteguhan mental. Melalui event mahasiswa MPI yang biasa dilakukan seperti bakti sosial dan training motivasi diharapkan menumbuhkan rasa kepekaan empati sosial mahasiswa. Begitu pula harapan Bapak Zainal Arifin, M.S.I kedepannya mahasiswa MPI bisa menjadi event organaizer acara festival/pameran lembaga pendidikan Islam yang mewadahi hasil kreatifitas dan inovasi mahasiswa seluruh Indonesia. Jelas ini menjadi program utama HMJ MPI yaitu sebagai wahana eksplorasi bakat minat mahasiswa ujar Yedi Humaedi dalam seminar nasional mahasiswa MPI.

Dalam seminar Bapak Zainal Arifin, M.S.I menyampaikan dalam era global sekarang perlunya mengembangkan sektor pendidikan Indonesia khususnya dalam pendidikan Islam. Sebab, Madrasah Islam sekarang memang masih jauh tertinggal dari sekolah umum sehingga dipandang sebelah mata oleh masyarakat Indonesia. Seperti pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam harus disesuaikan dengan kemajuan zaman agar siap menghadapi persaingan global MEA. “Saya berharap alumni MPI bisa mengabdi dimasyarakat dan mengembangkan sektor pendidikan madrasah agar umat Islam bisa lepas dari belenggu kemiskinan , yang selama ini menjadi paradigma salah dan perlu dirubah oleh kita semua” ujar Bapak Zainal selaku sekprodi MPI FITK UIN SUKA.

Pihak Prodi MPI selama ini memang terus melakukan perubahan positif dalam menyiapkan manajer pendidikan. Sebab, alumni MPI bukan dicetak sebagai tenaga guru melainkan sebiagai tenaga kependidikan dalam hal manajer lembaga pendidikan dan konseptor kurikulum. Melalui Praktik Latihan Profesi (PLP) berkerjasama dengan pihak kemenag bidang pendidikan madrasah dan pesantren diharapkan mahasiswa bisa terbiasa dengan manajerial pendidikan. “kami juga telah mengadakan MoU dengan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Yogyakarta dibulan ini untuk menyiapkan PLP mahasiswa tahun ini” imbuh Bapak Zainal dalam seminar nasional MPI.

Kegiatan ini diakhiri dengan penandatangan kerjasama MoU pihak STAI Al Ma’arif Way Kanan Lampung dan Prodi MPI FITK UIN Sunan Kalijaga. Kerjasama yang bisa terealisaikan di tahun ini demi mempersiapkan mutu pendidikan demi menghadapi persaingan MEA 2016.

Berita ditulis oleh PONIMAN

Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Cp 0857 0230 8672 ponimanuin@gmail.com

Berita Terkait

Berita Terpopuler

Arsip Pengumuman
Arsip Berita
Arsip Agenda
Arsip Kolom