Senin, 9 Oktober 2017 09:21:03 WIB Dilihat : 83 kali

Rabu, 04 Oktober 2017, Prodi Manajemen Pendidikan Islam [MPI] Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta mengadakan International Seminar dengan mengambil tema “Developing Models of Creative Education in Facing Globalization”. Dalam seminar ini menghadirkan dua Narasumber yang expert di bidangnya, yaitu Prof. Thomas Unruh [Senior Expert Service dari Hamburg University, Germany] dan Dr. Aguk Irawan, MA [Novelis Nasional sekaligus pengasuh komunitas Baitul Kilmah Bantul Yogyakarta yang fokus dalam kegiatan literasi]. Seminar ini dimoderatori oleh Dr. Zainal Arifin M.S.I. [Sekrataris Prodi MPI].

Tema yang diangkat dalam seminar internasional ini adalah “creative education” atau “creative learning” sebagai proses pembelajaran kreatif untuk memotivasi para mahasiswa agar dapat menyelesaikan masalah-masalah dalam persaingan era globalisasi. Prof. Thomas Unruh menekankan dalam presentasi bahwa “berpikir kreatif dapat dikembangkan dalam proses pembelajaran dengan strategi brainstorming dan mindmap” misalnya untuk mencari ide menulis sesuatu”. Mahasiswa harus tetap menulis agar ide-ide tersebut berkembang”.

“Dalam era Melinia, mahasiswa harus bisa berpikir kreatif untuk mengembangkan dirinya, bukan menjadi pemalas. Banyak tokoh muslim yang semasa hidupnya diabadikan untuk menulis dan mengembangkan ilmu pengetahuan. Di komunitas Baitul Kilmah, setiap mahasiwa diwajibkan untuk menulis dan menerjemahkan kitab. Setiap mahasiwa ditarget untuk menulis/menerjemahkan minimal 5 buku. Evaluasi dilakukan dengan cara mendiskusikan hasil tulisan/terjemahan dalam sebuah forum untuk diberikan masukan-masukan dari pembimbing dan temannya”. Strategi sukses menjadi penulis adalah adanya motivasi bahwa menulis bagian dari perintah Tuhan dan setiap penulis harus bertanggungjawab dengan apa yang ditulis. Untuk menjaga keistiqomahan dalam menulis diperlukan komunitas agar bisa saling mengingatkan dan mendiskusikan apa yang sedang ditulis, papar Dr. Aguk Irawan MA.

Semoga seminar internasional tersebut dapat memberikan motivasi dan inspirasi bagi mahasiwa Prodi MPI agar bisa berpikir dan bertindak kreatif untuk menghadapi era globalisasi. Salah satu bentuk pengembangan kreatifitas prodi MPI adalah menulis. Menulis ini untuk memperkuat profil mahasiswa MPI sebagai seorang peneliti manajemen pendidikan Islam. [ZA]

Berita Terkait

Berita Terpopuler

Arsip Pengumuman
Arsip Berita
Arsip Agenda
Arsip Kolom