Kamis, 18 Mei 2017 14:28:24 WIB Dilihat : 299 kali

Program Studi Manajemen Pendidikan Islam merupakan salah satu prodi yang menyiapkan para mahasiswa yang memiliki kemampuan manajerial, kepemimpinan, dan trainer dalam bidang pendidikan Islam. Sebagai calon tenaga kependidikan Islam, mahasiswa prodi MPI dituntut untuk menjadi seorang agent of change dalam pengembangan dan pengelolaan lembaga pendidikan Islam yang lebih profesional berdasarkan nilai-nilai Islam. Atas dasar realitas ini, Prodi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta mengadakan kegiatan “Leadership Training bagi Mahasiswa” pada hari Rabu, 17 Mei 2017 di Ruang Teatrikal FITK UIN Sunan Kalijaga.

Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa MPI yang telah aktif dan menjadi pemimpin/koordinator di beberapa organisasi/ UKM kampus sebanyak 45 mahasiswa dengan menghadirkan narasumber seorang direktur FAST Training Indonesia dan Owner Rumah Mandiri Konsumen Yogyakarta, Ismail Hermana, S.Pd.I. Dalam presentasinya, Ismail menyatakan bahwa menurut hasil penelitian,

Seorang pemimpin sukses memiliki nilai-nilai utama sebagai berikut: Jujur, Berpikir Maju, kompeten, menginspirasi, cerdas, adil dan berpandangan luas.

Nilai-nilai kepemimpinan ini sangat sesuai dengan karakter kepemimpinan profetik yang diterapkan Rasulullah SAW, yaitu Nabi dikenal seorang al-Amin [jujur] oleh masyarakat Makkah, Nabi sejak kecil sudah berpikir maju dengan membantu keluarga pamanya, Abu Thalib, Nabi sangat berkompeten dalam berdagang sehingga sangat dipercaya, Nabi juga memiliki sifat Fathonah [cerdas], Amanah, dan lain sebagainya.

Kegiatan "Leadership Training" diharapkan mampu memotivasi mahasiswa MPI untuk menjadi calon-calon pemimpin masa depan yang baik dengan mencontoh nilai-nilai kepemimpinan profetik yang telah diajarkan oleh Rasulullah. Amin [ZA]

Berita Terkait

Berita Terpopuler

Arsip Pengumuman
Arsip Berita
Arsip Agenda
Arsip Kolom