Selasa, 8 November 2016 14:21:50 WIB Dilihat : 440 kali

Yogyakarta-Senin (7/11)Prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta mengadakan training Living Values Education (LVE) bagi 57 mahasiswa MPI. Kegiatan yang dilaksanakan diruang pertemuan FITK tersebut dihadiri oleh Dr. Ahmad Arifi, M.Ag selaku Dekan FITK dan Dr. Muqowim, M.Ag selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama. Dengan mengundang langsung Trainer ALIVE Internasional Dr. Budhy Munawar Rachman kegiatan tersebut berlangsung lancar. Dalam sambutan Dekan FITK menyampaikan bahwa training pendidikan berbasis nilai atau LVE sangatlah penting bagi para calon guru atau pendidik khususnya mahasiswa FITK.

“kami telah melakukan upaya dalam mengimplementasikan pendidikan berbasis nilai (values education) atau yang biasa dikenal pendidikan karakter dalam kurikulum fakultas sebagai dukungan fakultas terhadap perbaikan moral dan akhlak bangsa” ujar Dr. Ahmad Arifi.

Dalam penerapan pendidikan karakter perlu kita melihat Siroh Nabawiyah dengan bercermin pada akhlakul karimah Rasululloh SAW dan Nabi-nabi dalam berdakwah imbuh Dekan FITK dalam sambutannya. Beliau juga memberikan apresiasi pada Prodi MPI yang aktif dalam menyelenggarakan pelatihan/workshop mengenai kependidikan.

Terdapat lima point penting dalam pendidikan berbasis nilai (kebaikan/ karakter) yaitu peace (perdamaian), strong (semangat), pure (kesucian/ kemurniaan), happy, dan love (kasing sayang). Hal ini disampaikan oleh Dr. Muqowim, M.Ag selaku Trainer ALIVE Internasional, bahwa pentingnya menghidupkan nilai (living values) sebagai dukungan pendidikan moral dan karakter Indonesia secara holistik.

Dr. Budhy menyampaikan bahwa kegiatan LVE telah dilakukan lebih dari 88 negara dan mendapatkan pengakukan dari UNESCO sebagai learning how to know, learning how to do, learning how to be, and learning how to live together. Sehingga training ini jelas mendukung program pemerintah mengenai perbaikan pendidikan dengan revolusi mental bangsa.

Sumber: Poniman (Pimpinan redaksi LPM Paradigma UIN SUKA)

Berita Terkait

Berita Terpopuler

Arsip Pengumuman
Arsip Berita
Arsip Agenda
Arsip Kolom