Selasa, 30 Agustus 2016 16:29:15 WIB Dilihat : 448 kali

Kegiatan ini bernama IYSCEE (International Youth Singapore Cultural Education Exchange) yang diselenggarakan oleh EdConex. Diikuti oleh 18 mahasiswa se-Indonesia yang dipilih melalui seleksi administrasi dan wawancara. Dua orang mahasiswi angkatan 2013 berasal dari Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, jurusan Manajemen Pendidikan Islam, yaitu Nur Azizah dan Mawadhatul Asfah lolos seleksi mengikuti kegiatan tersebut yang berlangsung selama 3 hari pada tanggal 17-19 Agustus 2016.

Kegiatan IYSCEE ini bertema Strategic Development of Singapore Education. Rangkaian kegiatan inti dari program ini adalah International Seminar, International Panel Discussion, Cultural Exchange. Diikuti juga dengan kegiatan campus visit dan Field Trip.

Seminar Internasional ini diadakan di NTU dan memiliki tema The Singapore Education Development Strategy. Pembahasan pada seminar ini menyangkut tentang Sistem Pendidikan di Negara Singapura dan bagaimana penerapannya serta membahas bagaimana budaya masyarakat disana untuk menjadi masyarakat yang terdidik dan berpendidikan.

International Panel Discussion. Kegiatan Diskusi panel dilakukan setelah mengikuti seminar Internasional. Pada diskusi ini, semua delegasi menjadi speaker dan mengemukakaan pendapatnya masing-masing mengenai berbagai persoalan tentang pendidikan di Indonesia dan solusi yang bisa ditawarkan untuk memecahkan persoalan tersebut. Bermula mengupas tentang What is good and bad about singapore education development strategy? What is good and bad about singapore education development strategy? What can be implemented into Indonesia from singapore education development strategy? Diskusi ini dilakukan dengan mahasiswa NTU, sehingga para delegasi mempunai gambaran langsung dari mahasiswa NTU tentang bgaimana sistem pendidikan di singapura. Harapan kedepannya, hasil dari diskusi ini akan dibukukan dan dapat disamapikan kepada birokrasi pemerintah, sebagai wujud konstribusi nyata terhadap pendidikan Indonesia.

Cultural Exchange. Kegiatan ini bertujuan untuk menambah pengalaman khususnya terkait kebudayaan di Singapura. Bentuk kegiatannya yaitu mengunjungi tempat-tempat yang menyimpan nilai sejarah singapura, seperti Little India, Mesjid Sultan dan Chinatown. Mempelajari tentang budaya masyarakat singapura sebagai negara yang maju. Tatanan kehidupan di Negara Singapura sangat disiplin, toleransi, bersih dan tertib. Selain itu sistem pemerintahan di Singapura yang sangat tertata menjadi salah satu pendukung singapura menjadi Negara maju seperti saat ini, terutama dalam pendidikan, Singapura termasuk ke dalam salah satu dari 10 Negara terbaik yang memiliki sistem pendidikan yang berkualitas.

Campus Visit. Campus Visit ini berlangsung di NTU, bertujuan untuk menambah wawasan, serta dapat memahami budaya belajar mengajar disalah satu kampus terbaik dunia. Hal ini juga menjadi salah satu referensi kami untuk melanjutkan study di luar negri.

Field Trip. Field Trip ialah kegiatan berwisata diberbagai objek pariwisata di Singapura. Sebagai wahana para delegasi untuk berlibur dan merasakan wisata yang diawarkan di singapura. Ield Trip ini mengunjungi Universal Studio, Garden by the Bay, Merlion park dan Asian Civilisation Museum. Museum yang bertempat di sebuah bangunan bersejarah dekat Singapore River ini, menceritakan kisah peradaban budaya asia kuno melalui koleksi permanennya.

Kegiatan ini sangat bermanfaat sekali, karena mampu menambah ilmu pengetahuan dan pengalaman baru bagi mahasiswa. Sehingga apa yang diperoleh dari kegiatan tersebut, mampu mencetuskan ide-ide kreatif dan inovasi baru terutama dalam bidang pendidikan yang bisa diterapkan di Indonesia. [Asfa & Azizah]

Berita Terkait

Berita Terpopuler

Arsip Pengumuman
Arsip Berita
Arsip Agenda
Arsip Kolom