Selasa, 29 September 2015 10:07:15 WIB Dilihat : 942 kali

Hari Selasa, 2 Juni 2015

Kegiatan Temu Nasional ke-3 dan Semiloka dibuka dengan ramah tamah dan perkenalan para peserta dari perwakilan jurusan KI/prodi MPI seluruh Indonesia.

Hari Rabu, 3 Juni 2015

Kegiatan Temu Nasional ke-3 dan Semiloka ini dibuka oleh Rektor IAIN Jambi, dihadiri juga Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Jambi dan Ketua Asosiasi Prodi MPI, Dr. Mushtofa dari IAIN Semarang. Setelah pembukaan, acara ini dilanjutkan dengan seminar-seminar.

  • Seminar sesi 1 dengan narasumber: Harjo Suwito, M.Si (Kabag Perencanaan dan Penghargaan Kemenag) yang membahas tentang kebijakan kepegawaian dan formasi CPNS bagi alumni MPI dan Dr. Badrudin, M.Ag, (sekretaris Asosiasi Prodi MPI se-Indonesia) tentang kurikulum Prodi MPI berbasis SNPT dan KKNI. Seminar ini dilaksanakan dari jam 08.00 – 14.30 WIB.
  • Seminar sesi 2 dengan narasumber, Dr. Muh. Zen dari Kementerian Agama Indonesia yang menyampaikan kebijakan-kebijakan pendidikan Islam di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam dan narasumber kedua diisi oleh Dr. Irawan (ketua Asosiasi Sarjana Manajemen Pendidikan Islam Indonesia) mengenai visi keilmuan, kurikulum dan arah pengembangan komunitas akademik profesional MPI. Acara ini diselenggarakan dari jam 14.30 – 16.00 WIB.
  • Seminar sesi ketiga dengan narasumber Dr. Musthofa (ketua asosiasi Prodi MPI) dan Dr. Irawan (Ketua asosiasi Sarjana MPI Indonesia). Dalam sesi ketiga ini disampaikan beberapa persoalan tentang MPI se-Indonesia yang kemudian peserta dibagi tiga komisi untuk membahas tentang masalah MPI, yaitu: (1) komisi yang membahas tentang kurikulum MPI berbasis SNPT dan KKNI, (2) komisi yang membahas tentang konsep Praktik Lapangan prodi MPI, dan (3) komisi yang membahas naskah akademik usulan tentang identitas MPI yang akan diajukan ke Dirjen Pendis Kementerian Agama. Selain itu juga dibahas tentang Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI). Acara ini diselenggarakan dari jam 20.00 – 24.00 WIB. Kemudian acara Temu Nasional ke-3 dan Semiloka ini ditutup dan akan diagendakan acara semiloka prodi MPI yang ke-4 untuk tahun depan di UIN Makasar.

Kamis, 4 Juni 2015

Pulang

Wassalam.

Zainal Arifin

Berita Terkait

Berita Terpopuler

Arsip Pengumuman
Arsip Berita
Arsip Agenda
Arsip Kolom