Pembekalan PPL Prodi MPI

Selasa, 09 Maret 2021

Laboratorium Pendidikan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta mengadakan kegiatan "Pembekalan PPL Prodi MPI". Kegiatan ini dilaksanakan secara daring untuk memberikan bekal bagi mahasiswa Prodi MPI semester VI agar lebih siap melaksanakan PPL di masa pandemi Covid-19. Tujuan PPL ini adalah (1) Memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang manajerial di lembaga/instansi mitra dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi tenaga kependidikan/administrasi pendidikan dan (2) Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan memahami lembaga/instansi pendidikan dengan segenap permasalahannya baik yang terkait kegiatan manajerial dan pengelolaan kelembagaan [Pedoman PPL Prodi MPI 2021]

Pembekalan PPL Prodi MPI ini menghadirkan dua narasusmber, yaitu (1)Dr. Setya Raharja, M.Pd. [koordinator PPL Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta) dan (2) Muhammad Qowim, M.Ag (Dosen MPI FITK UIN Sunan Kalijaga). Kedua narasumber akan menyampaikan bagaimana praktik PPL Prodi MPI baik di perkantoran kementerian agama, sekolah/madrasah, pesantren, atau lembaga-lembega pengelola pendidikan lainnya. Kegiatan ini dimoderatori oleh Fery Irianto S.W., S.Pd., M.Pd (Pengelola Lab. Pendidikan FITK UIN Sunan Kalijaga), Nora Saiva Jannana, M.Pd (Sekretaris Prodi MPI) dan Irwanto, M.Pd (dosen MPI).

Dalam sambutannya, Dr. Zainal Arifin, M.S.I (Kaprodi MPI) menyampaikan pentingnya bagi mahasiswa untuk mempersiapkan diri dalam kegiatan PPL (2 SKS, Semester VI) yang nanti akan dilanjutkan dengan kegiatan PPL-KKN Integratif (8 SKS, Semester VII). Dalam PPL ini mahasiswa akan dibimbing oleh dosen MPI untuk melakukan observasi lapangan sesuailokasi yang dipilih atau ditentukan, seperti di Kantor Kementerian Agama, LPMP, Pesantren, Madrasah/Sekolah atau instansi-instansi lain yang mengelola pendidikan. Hasil observasi akan didiskusikan di kelas untuk diberi masukkan. Hasil akhir dari PPL adalah TOR/proposal kegiatan yang akan dilaksanakan pada PPL-KKN Integratf.

Dalam pembekalan ini, Dr. Sabarudin, M.Si (Direktur Lab. Pendidikan FITK UIN Sunan Kalijaga) menyampaikan bagaimana mekanisme kegiatan PPL Prodi MPI. Mekanisme ini sudah diatur dalam pedoman PPL Prodi MPI tahun 2021. Dalam presentasinya, Dr. Sabarudin, M.Si menekankan pentingnya para mahasiswa memahami pedoman PPL Prodi MPI agar kegiatan PPL ini dapat terlaksana dengan baik. Lab. Pendidikan sebagai koordinator kegiatan PPL bekerjasama dengan Prodi MPI ingin memberikan layanan terbaik bagi mahasiswa MPI agar dapat pengalaman dalam kegiatan PPL yang nanti dilanjutkan dengan PPL-KKN Integratif.

Narasumber pertama, Dr.Dr. Setya Raharja, M.Pd.menyampaikan bagaimana mekanisme praktik PPL di Program Studi Manajemen Pendidikan (MPI) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), khususnya PPL sekolah/madrasah di masa Pandemi Covid-19. Narasumber kedua,Muhammad Qowim, M.Agmenyampaikan core bussiness Prodi MPI adalah mempersiapkan calon Manajer Pendidikan Islam, bukan Keguruan. Kegiatan PPL ini diharapkan mahasiswa MPI dapat menerapkan teori-teori yang sudah dipelajari. Kegiatan PPL tidak hanya dilakukan di sekolah/madrasah tapi juga satuan pendidikan lain seperti pesantren atau lembaga-lembaga kursus. Sehingga diharapkan Prodi MPI mempunyai MoU dengan lembaga-lembaga tersebut.

Semoga kegiatan PPL ini dapat berjalan dengan baik dan mahasiswa dapat pengalaman yang berharga dalam rangka memperkuat profilnya sebagai calon-calon tenaga kependidikan yang profesional islami. [ZA]

Note:

1. Mata Kuliah PPL (Semester VI) dan PPL-KKN Integratif (Semester VII) merupakan Kurikulum 2016 (KKNI)

2.Berdasarkan PMA RI No. 15 thn 2018 tentang LPTK, istilah praktik lapangan untuk level S1 disebut Pengenalan Lapangan Pndidikan (PLP).Istilah PPL untuk praktik lapangan mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG).

Berita Terpopuler